Kamis, 31 Januari 2013
Mengenal istilah eCommerce
• E-Commerce, atau Electronic Commerce adalah istilahyang dipakai untuk berbagai jenis transaksi bisnis atau komersial yang melibatkan tranfer informasi melalui internet.
• B2B (business to business) eCommerce
– eCommerce antara usaha dan usaha baik pelanggan maupun pemasok (supplier)
– Melakukan transaksi antar usaha ini secara elektronik dapat banyak keuntungan seperti lebih cepat, lebih nyaman, lebih efisien.
– Sebelum eCommerce berkembang di internet ada suatu sistem yang bernama EDI (Electronic Data Interchange) yang diterapkan banyak usaha. EDI memerlukan infratruktur yang lebih kaku dalam penerapannya sehingga cenderung lebih kompleks dan mahal penerapannya.
• eMarketplace
– eCommerce telah mendorong terbentuknya pasar-pasar tersendiri dimana pembeli dan penjual bisa bertemu dan berinteraksi dalam dunia maya.
• B2C (business to consumer) eCommerce
– eCommerce antara usaha dan konsumen secara langsung
– Dengansemakin banyaknya pribadi yang terhubung pada internet maka pasar B2C semakin potensial
– Konsumen mendapatkan akses yang luas pada produk dan jasa yang ditawarkan
secara online
– Usaha mendapatkan akses pada pasar dan konsumen yang luas secara global
– Manfaat yang didapat secara umum sama dengan B2B (cepat, nyaman dan efisien)
– Contoh B2C
• Amazon.com (retail buku dan berbagai jenis barang)
• eBay.com (lelang berbagai barang bekas pakai secara online (termasuk C2C atau consumer to consumer)
5 Komponen Utama Implementasi eCommerce
1. Pengembangan Produk
Produk dan Jasa harus memiliki keunggulan dan daya saing Dikembangkan terus menerus (inovasi dan kualitas)
2. Promosi
Produk dan Jasa memerlukan promosi yang efektif secara terus menerus
3. Transaksi secara online
Membangun infrastruktur dan mengoperasikan fasilitas terkait yang menjaga kenyamanan pelanggan (mudah, murah, cepat, berkualitas, responsif dll.)
4. Product delivery
Produk digital dan jasa umumnya lebih mudah dikelola eCommerce sedangkan produk yang secarafisikmemerlukanpengirimanmemerlukan proses bisnis yang efisien untuk dapat memenuhi standard dan tuntutan eCommerce.
5. After-sales support
eCommerce memungkinkan pemanfaatan internet (email, situs web) untuk memberikan layanan purna jual Memerlukan keterpaduan seluruh sistem dan prosedur pada pelaku bisnis
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar